0 tokped                    0 bukalapak                0 lazada             0 shopee

                                        Tokopedia                       Bukalapak                      Lazada                     Shopee

Info Seputar Aki Mobil

Cara Merawat Altenator Atau Dinamo Amphere Mobil

Alternator atau disebut juga dinamo ampere pada mobil perlu dirawat mengingat perannya cukup penting sebagai pembangkit listrik untuk keperluan electrical mobil. Seperti menghidupkan lampu depan-belakang, lampu kabin, radio, wiper sampai klakson. Komponen ini bekerja sama dengan aki (baterai) saat bekerja. Alternator biasanya jarang sekali rusak kecuali masa pakai yang telah habis atau aus. Namun alternator baru pun bisa rusak karena perlakuan yang salah. Satu diantara penyebab kerusakan itu adalah beban listrik di mobil yang jauh lebih besar dibandingkan kapasitas maksimalnya.

Umumnya pabrikan merancang alternator dengan kapasitas tertentu. Untuk merawat alternator mobil pastikan penggunaan listrik di mobil benar-benar tepat. Penggunaan peranti elektronik yang banyak mengkonsumsi tenaga listrik juga harus dibatasi agar tidak melebihi kapasitas. Seperti tidak mengaktifkan Air Conditioner (AC), audio, wiper, dan peranti elektronik lainnya di mobil secara bersamaan. Pemasangan kutub- kutub dan kabel aki juga harus benar, termasuk kabel plus alternator ke kabel plus aki. Jika pemasangannya tidak tepat bisa menyebabkan listrik boros dan berpotensi IC alternator cepat rusak.

Pastikan pula sabuk pengatur tegangan V-Belt terpasang dengan benar. Jika terlalu kencang maka putaran alternator dipaksa melebihi kapasitasnya. Sebaiknya pasang pengaman pada kutub plus untuk menghindari kabel plus bersentuhan dengan badan alternator karena akan memicu hubungan arus pendek atau korslet. Periksa pula kondisi alternator secara rutin minimal tiga bulan sekali khususnya saat ganti oli.

Untuk mengetahui apakah alternator pada mobil masih berfungsi baik ada baiknya bro n sist mengecek kondisi alternator, antara lain:

1. Cek kondisi sabuk pemutar alternator, jika sudah retak karena usia pakainya sudah habis harus segera diganti dengan belt baru.

2. Cek apakah ada suara dari alternator dan ada bau karet atau kabel terbakar dari alternator. Bau kabel terbakar bisa ditimbulkan dari alternator yang overheat karena memberikan tenaga berlebihan pada rotor.

3. Lihat sinyal dari warning light atau lampu indikator di mobil. Jika muncul simbol aki berwarna merah saat mesin mobil menyala menunjukkan ada masalah pada sistem pemasok listrik atau alternator. Saat simbol aki warna merah muncul sesaat (1-2 detik) saat mobil melaju atau idle juga menunjukkan alternator mulai mengalami masalah. Dan jika menyala terus artinya kondisi alternator sudah rusak parah dan tak berfungsi lagi.

4. Cek menggunakan voltmeter yang bisa mendeteksi performa aktual alternator.

Itulah beberapa cara untuk merawat altenator mobil.

Kenapa Kenalpot Mobil Ngebul ? Ini Penjelasannya

Pada beberapa kasus terkadang mobil yang dipanaskan di pagi hari ataupun saat mesin dingin mengeluarkan asap melalui knalpot mobil. Sebenarnya fenomena seperti ini wajar-wajar saja terjadi, apalagi jika mobil tersebut memang dalam kondisi yang cukup dingin maupun memang jarang digunakan. Namun beberapa pemilik mobil terkadang tidak mengetahui penyebab kondisi tersebut dan kebingungan untuk mengatasinya. Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab knalpot mobil ngebul saat mesin dingin? Berikut ini penjelasannya.

1. Perubahan Suhu Yang Ekstrim

Salah satu hal yang paling sering terjadi yang menjadi penyebab knalpot mobil ngebul saat mesin dingin adalah suhu ekstrim yang terjadi pada mobil tersebut. Saat di pagi hari apalagi bagi anda yang tinggal di daaerah yang cukup dingin ataupun setelah semalaman diguyur hujan maka tentu saja akan menyebabkan suhu mobil anda menjadi sangat dibngin termasuk bagian saluran pembuangan gas (knalpot) mobil. Saat mobil dipanaskan, maka terjadilah kenaikan suhu dalam mesin mobil anda. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan perubahan suhu yang ekstrim yang menyebabkan knalpot moibl ngebul dan mengeluarkan asap terus menerus. Hal seperti ini sebenarnya wajar saja terjadi dan hanya akan berlangsung sementara.

2. Mobil Yang Jarang Digunakan

Knalpot mobil berasap dan berair lainnya dapat disebabkan karena kondisi mobil yang dingin dan jarang sekali digunakan. Sehingga bagi anda yang memang memiliki mobil yang jarang digunakan, penting untuk mengetahui cara merawat mobil yang jarang dipakai sehingga kondisinya tetap terjaga dengan baik. Kondisi mesin yang dingin dan dipanaskan tiba-tiba akan menyebabkan mesin terpaksa berputar yang mana membuat knalpot ngebul dan mengeluarkan asap putih selama beberapa saat. Namun kondisi seperti ini masih wajar-wajar saja terjadi. Hal ini menandakan jika di dalam knalpot mobil terdapat uap air yang mana menyebabkan kondisi tersebut terjadi pada mobil anda.

Biasanya kondisi seperti ini akan disertai dengan keluarnya air saat mobil sedang dipanaskan. Air tersebut sebenarnya merupakan hasil dari proses pengembunan yang terjadi di malam hari. Kondisi seperti ini sering terjadi saat mobil sering diparkirkan di area yang terbuka. Namun anda tak perlu khawatir, hal ini masih menandakan jika proses pembakaran pada mobil anda berjalan sempurna.

3. Kerusakan Pada Seal Klep Dan Ring Piston

Lain hal nya lagi jika ternyata knalpot mobil anda mengebul terus menerus bahkan hingga mobil dikendarai maka menandakan jika terjadi kerusakan pada mesin mobil anda. Kondisi terparahnya adalah knalpot mobil dapat terlihat basah dikarenakan oli serta mengeluarkan asap putih terus menerus. Hal ini disebabkan karena kerusakan yang terjadi pada seal klep dan ring piston.

Karena kondisi inilah yang menyebabkan oli dapat masuk perlahan ke dalam ruang bakar yang akibatnya membuat oli ikut terbakar. Jika kerusakan yang terjadi terlalu parah, maka akhirnya akan menyebabkan asap yang dikeluarkan cukup tebal. Hal ini tak hanya membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros, namun juga akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

4. Masalah Pada Pompa Bahan Bakar

Masalah pada pompa bahan bakar atau fuel pump juga dapat menyebabkan knalpot mobil ngebul saat mesin dingin. Hal ini biasanya terjadi pada mobil bermesin bensin. Asap yang dikeluarkan biasanya berwarna hitam disertai dengan penurunan tenaga yang cukup drastis. Hal ini biasanya dikarenakan pasokan bahan bakar yang kurang maksimal yang mana menyebabkan pengemudi harus menekan lebih dalam lagi pada pedal gas. Dan tentu saja hal ini nantinya akan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros serta pembakaran yang kurang maksimal.

 5. Terlalu Banyak Bahan Bakar

 
Penyebab knalpot mobil ngebul saat mesin dingin bisa dikarenakan adanya banyak bahan bakar di dalam proses pembakaran. Perpaduan yang tepat dan seimbang antara udara dan bahan bakar tentunya menghasilkan tenaga yang maksimal. Namun jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka bisa menyebabkan asap terus menerus mengebul dari knalpot mobil. Pada mobil bermesin diesel biasanya akan muncul asap putih akibat konsumsi solar yang terlalu berlebihan. Namun pada mobil bermesin bensin, biasanya akan muncul asap berwarna hitam dari knalpot mobil. Tentu saja hal ini akan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang terlalu boros.

Cara Mengatasi Kerusakan

Tentunya jika kondisi seperti ini sudah cukup parah, maka anda tidak boleh membiarkannya begitu saja. Kerusakan seperti ini jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Sehingga lebih baik untuk mengatasinya segera. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengetahui penyebab mobil ngebul. Namun jika anda tidak terlalu mengetahui tentang mobil, anda bisa mencoba untuk membawanya ke bengkel resmi untuk dianalisa lebih lanjut. Solusi terburuk yang mungkin bisa dilakukan adalah mobil anda yang harus turun mesin. Biasanya akan terlihat ciri ciri mobil turun mesin yang ada pada mobil anda.

Selain itu penting pula untuk melakukan perawatan yang mana dapat mencegah kerusakan tersebut terjadi pada mobil anda, mulai dari merawat mesin mobil hingga komponen-komponen lainnya di dalam mobil. Lakukan perawatan dengan rutin sehingga kondisi mobil tetap terjaga prima setiap saat.Nah itu tadi beberapa hal yang menyebabkan knalpot mobil ngebul saat mesin dingin.  Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

6 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil secara Alami

Pemakaian mobil terus menerus setiap harinya tentu menyebabkan beberapa masalah pada mobil. Salah satunya yang sering terjadi pada kaca mobil. Kaca mobil memiliki fungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan serta secara tidak langsung menjadi faktor kemanan dan kenyamanan dalam berkendara. Paparan hujan dan panas serta perubahan cuaca mengakibatkan jamur dapat pada kaca mobil anda. Selain membuat penampilan mobil menjadi tidak bagus lagi, jamur yang ada pada kaca mobil dapat mengakibatkan gangguan pada saat anda sedang mengemudi kendaraan karena pengemudi tidak dapat melihat jelas di jalanan luar. Apalagi pada saat anda mengendarai mobil ketika malam hari, tentunya ini akan sangat membahayakan keselamatan anda.

Apa saja yang menyebabkan timbulnya jamur pada kaca mobil? Maka Berikut penjelasannya :

  • Perubahan cuaca ketika menggunakan kendaraan

Salah satu penyebab terjadinya bercak jamur pada kaca mobil adalah karena kondisi cuaca yang mengalami perubahan terus menerus. Misalnya anda sedang menggunakan kendaraan anda ketika sinar matahari sedang terik-teriknya dan beberapa saat kemudian cuaca berubah menjadi hujan yang sangat deras. Perubahan cuaca yang drastis inilah yang menyebabkan jamur pada kaca kendaraan mobil anda.

  • Meletakkan mobil di tempat lembab

Salah satu kesalahan lainnya yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur pada kaca mobil adalah karena anda sering memakirkan mobil anda di tempat yang lembab serta membiarkan debu dan kotoran menempel terlalu lama pada kaca mobil. Kaca mobil kotor yang tidak segera dibersihkan dapat memicu tumbuhnya jamur pada kaca mobil anda.

  • Mencuci mobil pada saat cuaca panas

Mencuci mobil pada saat keadaan sedang terik juga menyebabkan jamur pada kaca mobil. Jamur pada kaca mobil tersebut dapat berasal dari bercak air. Pada saat anda mencuci nya dalam keadaan panas maka tentunya air akan cepat mengering dan menyebabkan timbulnya bercak jamur pada kaca mobil. Selain itu, mencuci mobil dalam keadaan mobil yang masih panas juga memiliki pengaruh yang sama pada pertumbuhan jamur.

  • Kualitas air cuci yang digunakan

Kualitas air untuk mencuci juga dapat mempengaruhi timbulnya bercak-bercak jamur pada kaca mobil. Misalnya saja jika anda menggunakan air tanah, tentunya kandungan kapur di dalam tersebut akan sangat tinggi. Kadar kapur yang tinggi ini dapat menyebabkan bercak jamur akan semakin membesar. Selain itu, terkadang terdapat air tanah yang di dalamnya terkandung unsur besi kuning dan air garam. Anda perlu menghindari jenis air ini karena menyebabkan timbulnya jamur serta dapat membuat tampilan kaca mobil menjadi kusam. Untuk saat ini akan lebih baik jika anda menggunakan air pam untuk mencuci mobil anda.

Untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil anda biasanya pemilik kendaraan akan langsung membawa mobil mereka ke salon mobil. Namun tentunya bila anda membawanya ke salon mobil akan membuat anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, bagi anda yang tidak memiliki cukup waktu tentunya sangat  susah untuk mendatangi salon mobil. Sebenarnya anda dapat menghilangkan jamur pada kaca kendaraan dengan alat dan bahan yang sederhana, sehingga anda dapat menghemat biaya dan waktu dibandingkan datang ke salon mobil.

Nah berikut ini beberapa cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan mudah :

1. Menggunakan Alkohol

Salah satu cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan mudah adalah dengan menggunakan alkohol. Alkohol biasanya digunakan untuk membersihkan luka yang ada pada kulit, namun anda dapat juga memanfaatkannya untuk menghilangkan jamur di kaca mobil. Cara penggunaannya pun sangat muda. Berikut langkah-langkah membersihkan jamur pada kaca dengan menggunakan alkohol:

  • Tentunya anda harus menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan. Untuk bahan siapkan alkohol sekitar 50-90%. Sedangkan untuk alat yang digunakan anda dapat menggunakan kapas ataupun kain lembut.
  • Kocok terlebih dahulu alkohol yang akan anda gunakan. Kemudian celupkan kapas atau kain lembut ke dalam alkohol, hanya secukupnya saja.
  • Gosokkan kain atau kapas pada bagian kaca yang terdapat jamur. Gosokkan perlahan hingga bercak jamur pada kaca menghilang.

Meskipun cara ini terbilang kuno, namun keampuhannya sudah dapat dibuktikan. Anda dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil tanpa perlu membeli peralatan yang mahal.

2. Menggunakan Pemutih Pakaian

Cara lainnya untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Pemutih pakaian tidak hanya dapat menghilangkan noda membandel pada pakaian namun juga dapat menghilangkan bercak jamur pada kaca mobil.Berikut ini langkah-langkah membersihkan jamur kaca mobil dengan menggunakan pemutih pakaian.

  • Untuk cara penggunaannya sebenarnya sama saja seperti sebelumnya. Anda cukup menyiapkan kain lembut serta pemutih pakaian.
  • Celupkan kain lembut ke dalam pemutih pakaian, lalu gosokkan ke bagian kaca mobil yang bermasalah hingga bercak jamur hilang tak bersisa.
  • Setelah itu, anda dapat membersihkan kaca mobil anda dengan menggunakan air biasa.
  • Kemudian setelah bersih, lap dengan menggunakan kain kering.

Ternyata pemutih pakaian juga bisa di gunakan untuk cara menghilangkan jamur kaca mobil. Untuk cara – cara nya anda bisa mengikuti seperti langkah – langkah yang sudah di jelaskan di atas. Cukup mudah bukan ? selain mudah anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

3. Menggunakan Minuman Soda

Air soda ternyata tidak hanya enak diminum saja, namun juga anda dapat manfaatkan untuk mmembersihkan jamur pada kaca mobil anda. Nah berikut ini langkah-langkah membersihkan noda jamur pada kaca mobil dengan menggunakan minuman soda.

  • Jika anda memilih menggunakan minuman soda untuk menghilangkan jamur yang ada kaca mobil anda, maka sebaiknya anda membersihkan kaca mobil terlebih dahulu.
  • Untuk membersihkan jangan menyiram kaca mobil anda dengan menggunakan air. Hal ini dikarenakan agar unsur kimia yang ada di dalam minuman soda tidak bercampur dengan air. Anda dapat membersihkannya dengan cara mengelapnya saja, setidaknya jangan sampai ada kotoran atau debu yang menempel pada kaca.
  • Setelah kaca bersih baru anda dapat memulai pembersihan. Anda dapat menyiapkan kain lembut yang kering dan kemudian basahi dengan minuman soda tersebut.
  • Setelah itu, gosokkan pada bagian kaca yang terkena jamur. Ulangi hal ini hingga beberapa kali sampai jamur pada kaca mobil hilang.

Selain pemutih pakaian, maka anda juga bisa menggunakan minuman soda untuk cara menghilangkan jamur kaca mobil. Untuk cara – cara nya anda bisa mengikuti seperti langkah – langkah yang sudah di jelaskan di atas. selain mudah maka minuman soda juga bisa anda dapatkan di mana saja, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

4. Menggunakan cuka apel

Biasanya cuka apel digunakan sebagai bahan makanan ataupun dimanfaatkan untuk pengobatan. Namun siapa sangka jika cuka apel juga dapat digunakan untuk menghilangkan bercak jamur yang sulit dihilangkan pada kaca mobil. Nah berikut ini langkah-langkah membersihkan jamur kaca mobil dengan menggunakan cuka apel.

  • Pertama kali buatlah campuran cuka apel dengan air. Untuk takarannya adalah 3 sendok makan cuka apel untuk 1 liter air.
  • Kemudian celupkan kain lembut ke dalam campuran tersebut.
  • Gosokkan kain tadi pada kaca mobil dengan gerakan memutar hingga jamur yang ada pada kaca mobil dapat hilang sempurna.
  • Setelah bercak jamur bersih, anda dapat mengeringkan kaca dengan menggunakan kertas koran.
  • Setelah itu, anda dapat melihat sendiri hasilnya yang benar-benar menakjubkan.

5. Menggunakan pasta gigi

Bahan lainnya yang dapat anda gunakan adalah pasta gigi. Untuk memanfaatkan pasta gigi sebagai pembersih jamur kaca mobil anda sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan kaca mobil dengan menggunakan pasta gigi.

  • Pastikan kondisi kaca mobil anda dalam keadaan yang bersih dan kering.
  • Oleskan pasta gigi pada kaca mobil anda terdapat bercak jamur secara merata.
  • Tunggu hingga pasta gigi mulai mengering.
  • Setelah kering, anda dapat membersihkan pasta gigi ini dengan menggunakan air.
  • Gosok dengan menggunakan air hingga bersih. Anda dapat menggosoknya dengan menggunakan kain lembut.
  • Gosokkan kain tersebut hingga jamur pada kaca mobil mulai menghilang.
  • Untuk mengeringkan kaca mobil, anda dapat menggunakan kain kering ataupun koran.

6. Menggunakan Air Tembakau

Air tembakau juga terkenal sebagai pembersih bercak jamur pada kaca kendaraan anda. Nah berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan bercak jamur dengan menggunakan tembakau.

  • Siapkan segenggam tembakau yang kering lalu rendam dengan air bersih kurang lebih selama 15 menit.
  • Pastikan kondisi air yang adan gunakan tidak tercampur dengan bahan lainnya seperti sabun atau detergen.
  • Sambil menunggu rendaman tembakau tersebut, anda dapat membersihkan kaca mobil anda terlebih dahulu dengan menggunakan air dingin yang bersih.
  • Setelah bersih dan kering, anda dapat menyiram kaca mobil anda yang bermasalah dengan air rendama tembakau.
  • Kemudian gosok kaca anda hingga bersih dengan menggunakan busa.
  • Lakukan cara tersebut hingga beberapa kali sampai jamur pada kaca mobil benar-benar hilang.
  • Kemudian bilas kaca dengan menggunakan air bersih dan lap hingga kering.

Anda juga harus melakukan pencegahan supaya bercak jamur tidak dapat timbul pada kaca mobil anda. Caranya pun sangat mudah, anda hany perlu mengguyur ataupun mencuci langsung mobil anda setelah terkena air hujan. Namun bila anda tak ada waktu untuk mencucinya, anda dapat mengelap mobil anda dengan menggunakan kemoceng ataupun kanebo yang basah.

Musim Hujan, Penting Perhatikan Bagian Mobil Ini

Sebagian wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Kondisi ini tentunya akan mempengaruhi mobil kesayangan kamu.

Air hujan memiliki beragam kandungan yang dapat memengaruhi bagian-bagian mobil, salah satunya asam yang bersifat korosif dan dapat menimbulkan karat.

Tak hanya kandungan pada air hujan, kondisi udara yang lembab juga dapat menyebabkan timbulnya jamur pada mobil.

Dilansir Top1, terdapat beberapa bagian mobil yang paling terdampak akibat hujan dan rawan mengalami gangguan. Berikut komponen mobil yang membutuhkan perhatian lebih agar tetap terawat saat musim hujan.

1. Kaca Mobil

Air hujan yang mengenai kaca mobil dapat membuat kaca menjadi basah dan lembab. Apabila tidak segera dilap maka kaca akan memiliki potensi terkena jamur dan dapat mengganggu pandangan.

Karena itu, biasakan membersihkan kaca mobil setelah terkena air hujan.

2. Lampu Mobil

Sama seperti bagian kaca, lampu mobil juga memiliki potensi untuk terkena jamur apabila terkena air hujan. Jangan lupa untuk mengelap bagian lampu mobil setelah hujan agar terhindar dari tumbuhnya jamur yang dapat meredupkan nyala lampu.

3. Pelek/Velg

Pelek merupakan komponen yang paling dekat dengan jalan. Kondisi jalanan yang basah dan kotor karena hujan dapat membuat pelek menjadi penuh noda.

Apabila tidak cepat dibersihkan maka kotoran yang menempel pada pelek bisa menjadi kerak. Selain itu, kandungan zat asam pada air hujan juga dapat membuat velg menjadi cepat berkarat.

Kenali Ciri-ciri Alternator Bermasalah Supaya Mobil Tidak Mogok

Aki tak melulu menjadi sumber masalah kelistrikan pada mobil. Sumber masalah kelistrikan pada mobil bisa saja terjadi pada alternator atau yang juga dikenal sebagai dinamo ampere. Alternator memiliki fungsi vital karena berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik.

Alternator bertugas mengalirkan arus listrik untuk beberapa komponen mobil yang membutuhkan tenaga listrik seperti lampu, kaca jendela, sistem audio, wiper, dan sebagainya. Cara kerja alternator yakni dengan mengubah tenaga kinetis menjadi tenaga listrik. Jika kondisi alternator bermasalah, aki mobil hanya akan mampu bertahan sebentar saja karena tak dapat mengalirkan listrik dengan baik. Akibatnya, mobil sulit distarter, mesin tak menyala, dan berujung mogok.

Pemilik mobil bisa melihat beberapa gejala jika alternator mulai bermasalah. Seperti lampu mobil yang terlihat redup saat mobil dalam keadaan diam dan baru kembali terang saat RPM tinggi. "Pada mobil lama, alternator rusak bisa diketahui dari lampu indikator aki menyala. Tapi sekarang dengan adanya ECU, bisa saja lampu indikator mesin yang menyala," jelas Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi.

Lantas, apa saja yang menyebabkan alternator menjadi rusak? Didi menuturkan aksesori kelistrikan aftermarket yang dipasang di mobil bisa mempengarui kinerja alternator. Jika terlalu banyak aksesori yang dipasang, pengisian aki oleh alternator akan mengalami gangguan dan aki akan cepat melemah. Penambahan aksesori kelistrikan yang berlebihan akan membuat beban kerja alternator semakin berat yang dampaknya mobil jadi sulit dihidupkan.

"Saat memasang aksesori kelistrikan, pikirkan dulu apakah alternatornya sanggup mengisi kapasitas aki. Aki yang kapasitasnya besar, bisa saja alternatornya juga jadi bekerja keras. Sehingga umur alternator menjadi lebih pendek," tuturnya. Adapun alternator pada mobil kekinian sudah built-in dan tak lagi bermodel cut out. Untuk perawatannya, pemilik mobil dianjurkan untuk memperhatikan pemakaian kelistrikan.

Breaking News

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11

WhatsHelp Chat Button